Gudeg Nggeneng


Sebagai orang Jogja, pastinya tidaklah aneh mendengar kata 'gudeg'..ya iya lah makanan khasnya gitu loh. Makanan yang berbahan dasar 'gori' atau nangka muda dengan rasa yang manis...ehmmm selera Jogja banget. Makanan ini banyak dijual di Jogja, bahkan ada istilah 'kampung gudeg' yaitu kampung yang mayoritas masyarakatnya pembuat gudeg.

Wijilan, kampung ini terletak tidak jauh dari Kraton Jogja tepatnya di sebelah timur alun-alun utara. Di sepanjang jalan Wijilan ini banyak warung-warung penjual gudeg yang telah terkenal sampai ke luar negeri. Gudeg Wijilan, sebutan untuk gudeg di kampung ini, merupakan gudeg kering, jadi bisa di bawa sebagai bekal untuk travelling.

Kemudian, ada juga kampung Nggeneng. Ini juga sebuah 'kampung gudeg', letaknya di dusun Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul ato lebih tepatnya di belakang kampus Institut Seni Indonesia(ISI) Jalan Parangtritis. Gudeg di daerah ini sering disebut Gudeg Nggeneng, agak susah juga untuk mencari lokasi penjual makanan ini. Tidak seperti Wijilan yang menjajakan gudegnya di pinggir jalan, di Nggeneng ini harus 'blusukan' dulu untuk menemukan warung penjual gudeg. Setelah menemukan papan nama yang menunjukan warungnya, jangan heran loh... warungnya emang begitu, emang nampaknya bukanlah warung karena tidak ada dagangan yang dijajakan di depan warung, kalo mau pesan makanan.. ya langsung ke dapur ajah, bisa prasmanan juga kok.. Suasananya santai banget, pokoknya kayak dirumah sendiri deh.

Gudeg Nggeneng ini merupakan gudeg basah...loh kenapa basah? Ya karena ada kuahnya he..he.. dan yang bikin beda dengan gudeg-gudeg lain yaitu sayuran hijau dalam sayur ini. Biasanya, sayuran hijau sebagai tambahan gudeg dipake daun singkong, namun dalam Gudeg Nggeneng ini dipake daun pepaya..apa ga pahit yah? Nyatanya emang enggak tuh, katanya ada resep tersendiri agar daun pepaya itu ga pahit. Ada juga yang khas di Gudeg Nggeneng ini, yaitu lauk mangut lele bakar...enaknya. Dulu waktu aku masih kecil, penjual Gudeg Nggeneng ini menjajakan gudegnya dengan berkeliling antar kampung. Dengan menggendong 'tenggok' gudegnya, ibu-ibu ato bahkan simbah-simbah berjalan dari kampung ke kampung menjajakan daganganya itu. Dulu aku sampe jadi langganannya 'simbahe gudeg', seorang ibu-ibu yang hampir setengah baya yang selalu mampir didepan rumahku dan aku selalu beli gudegnya.. Tapi udah lama sekali ga pernah lewat lagi, mungkin udah punya warung sendiri juga di kampung Nggeneng yah..

Setiap berangkat kerja aku selalu lewat gang masuk kampung Nggeneng ini, rasanya kangen ma 'simbahe gudeg'..kapan-kapan cucumu ini pasti mengunjungimu kok mbah..tunggu cucumu ini yah..

2 Response to "Gudeg Nggeneng"

  1. Anonymous Says:
    August 5, 2007 at 12:45 AM

    gudeg keriiiiing
    i like it, hmmmm yummy.....
    tapi kalo sayur nangka tidak suka kecuali kepepet......
    daripada cuma cerita gudeg nggeneng mbok saya dikirimi :D

    hmmm.....rasa nangkanya itu pembaca
    mak nyuuuuus

  2. Anonymous Says:
    August 5, 2007 at 5:49 AM

    mbo' kita2 di buatin ^_^ & makan bareng :D

    eh bisa masak gak se ??

    di tunggu looh gudeng buatan mba nya ini ^_^